Friday, August 19, 2016

Ini Kanzi, Bonobo 35 tahun yang pandai memasak

Menurut perawatnya, Dr. Sue Savage-Rumbaugh, Kanzi cukup antusias tentang belajar bagaimana membuat api. Ketika dia berumur 5 tahun, dia dapat mengumpulkan batang-batang kecil dan sangat terkesima dalam membuat api sebagaimana menonton film.

Image Source: telegraph

 Image Source: telegraph

Omelets merupakan makanan favorit Kanzi. Dia suka memasak dan memakan omelets.

 Image Source: telegraph

Meskipun Kanzi belum menguasai semua hal dalam membuat api, dia tau bagaimana melindungi dirinya dengan sedikit menjauh dari api. Para peneliti mengatakan dia tidak merasa tertekan dengan peralatan sekitar untuk menghangatkan tubuh karena dia memiliki kasur yang hangat untuk ditiduri. Jadi, dia tidak sepenuhnya menggunakan atau membutuhkan api seperti yang manusia lakukan dulu.

Image Source: telegraph

Image Source: telegraph

Selain kemampuan memasaknya, Kazi juga memiliki keterampilan untuk membuat pisau dari batu dan bahkan mampu bermain pac-man.

Image Source: telegraph, aol

Kanzi menunjukan ketertarikannya dalam belajar dan berbicara melalui lexigram yang di disain oleh para peneliti untuk ibu angkatnya, Matata. Lexigram memiliki sekitar 400 simbol. Dia juga mengatakan untuk menciptakan kalimat untuk Kanzi sendiri dengan menggabungkan simbol dan bahkan mengerti pendapat orang lain.

Image Source: slate

Menurut para peneliti, bonobo berumur 35 tahun memiliki pengertian tentang kalimat yang cukup luas untuk mereka mengerti percakapan manusia. Menggunakan lexigram, dia sekarang bisa menunjukan sekitar 500 dan dapat mengerti sekitar 3000 simbol diantaranya. Pada gambar dibawah ini, Kanzi dan saudaranya Panbanisha dapat terlihat berkomunikasi dengan Dr. Savage-Rumbaugh.

Image Source: Wikimedia Commons

Dan dibawah ini merukapan vidio Kanzi membuat api dan menikmati marshmallow.


article source: unbelievable-facts

No comments:

Post a Comment